Berkontribusi

Halaman ini mendokumentasikan daftar pekerjaan yang dapat dilakukan untuk situs golang-id.org. Ada tiga komponen utama yang diharapkan oleh situs ini sebagai komunitas Go Indonesia:

  1. Menerjemahkan artikel dari bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia. Penerjemahan ini bertujuan untuk memudahkan pengguna baru dalam beradaptasi dan menggunakan Go.

  2. Mengumpulkan blog tentang Go yang ditulis oleh komunitas Go Indonesia. setiap blog nantinya dapat diakses lewat "https://golang-id.org/blog/YYYYMMDD_[judul]".

  3. Mengumpulkan repositori Go yang ditulis oleh komunitas Go Indonesia. Kumpulan repositori ini seperti awesome-go namun khusus untuk komunitas Go Indonesia.

Daftar terjemahan

Daftar artikel yang rekomendasi untuk diterjemahkan, diurut berdasarkan bagian:

Cara berkontribusi

Alur kerja untuk berkontribusi dalam repositori ini, baik dalam bentuk kode, terjemahan, atau blog; sama dengan alur kerja pada proyek-proyek sumber terbuka lainnya, yaitu dengan cara membuat salinan repositori lewat Github, commit, dan buat pull request.

Untuk menghindari duplikat dan konflik, misalnya dua orang menerjemahkan artikel yang sama, lihat halaman isu terlebih dahulu, apabila tidak ada yang mengklaim untuk menerjemahkan artikel tersebut, buat isu baru dan nyatakan dalam isu tersebut artikel yang akan anda terjemahkan.

Struktur direktori dan berkas

Repositori ini menggunakan konvensi direktori dan berkas yang sama dengan kerangkanya:

  • cmd/golangid: direktori ini adalah program utama yang berisi konten statis. Program inilah yang nantinya melayani situs golang-id.org.

  • content: direktori ini berisi konten/halaman dari situs. Setiap halaman dibuat dengan menggunakan format asciidoc dan harus menggunakan ekstensi ".adoc". Berkas memiliki ekstensi selain ".adoc" akan diindahkan.

  • content/assets: direktori yang menyimpan berkas statis, seperti stylesheet.

  • templates/html.tmpl: berisi template yang membungkus hasil HTML dari berkas asciidoc. Sebaiknya berkas ini tidak diubah dahulu, kecuali anda tahu yang anda lakukan.

Memulai pengembangan

Berikut langkah-langkah untuk memulai pengembangan di komputer anda,

  1. Salin repositori ini ke dalam ruang-kerja Go anda

    $ mkdir -p $GOPATH/src/github.com/golang-id/web
    $ cd $GOPATH/src/github.com/golang-id/web
    $ git clone https://github.com/golang-id/web .
  2. Jalankan perintah go generate untuk membangkitkan berkas HTML dari berkas-berkas asciidoc.

    $ go generate
  3. Jalankan program golangid di komputer anda dengan men set variabel lingkungan DEBUG dengan nilai 2,

    $ export DEBUG=2
    $ ./golangid
  4. Buka peramban dengan alamat http://127.0.0.1:5000. Situs lokal dari golang-id.org akan muncul di halaman tersebut.

  5. Untuk membuat halaman baru, lihat contoh yang sudah ada dalam direktori "content".

  6. Jika anda ingin menggabungkan pekerjaan anda, silakan commit dan push ke repositori anda sendiri dan buat pull request ke repositori ini.