Jika Anda mengunjungi golang.org hari ini Anda akan melihat tampilan yang baru. Kami telah merombak rancangan dan konten situs supaya lebih mudah dicari. Perubahan ini juga direfleksikan pada antarmuka dari godoc, perkakas dokumentasi Go. Namun berita sebenarnya adalah tentang fitur baru: Go Playground.

Go Playground

Playground membolehkan siapa pun dengan peramban menulis kode Go yang kemudian kami kompilasi dan jalankan di server kami. Ada beberapa contoh program untuk memulai (lihat pada bagian "Examples"). Kami berharap bahwa fitur ini membuat pemrogram yang penasaran untuk dapat mencoba bahasa Go sebelum memasangnya, dan memberikan tempat bereksperimen bagi pengguna Go yang berpengalaman. Selain halaman depan, fungsionalitas ini memiliki potensial untuk membuat materi referensi dan tutorial lebih menarik. Kami mencoba mengembangkan penggunaannya di masa depan.

Tentu saja, ada beberapa limitasi dari jenis program yang dapat Anda jalankan dalam Playground. Kami tidak dapat begitu saja menerima kode dan menjalankannya di server tanpa batasan. Program-program tersebut dibuat dan dijalankan dalam sebuah sandbox dengan pustaka standar yang dikurangi; satu-satunya komunikasi antara program Anda dengan dunia luar hanyalah standar keluaran, dan juga ada batasan pemakaian CPU dan memory. Dengan ini, anggaplah Playground sebagai tempat merasakan indahnya dunia Go; untuk dapat merasakannya secara penuh Anda harus memasangnya sendiri di lokal. Jika Anda pernah ingin mencoba Go namun belum sempat, kenapa tidak coba kunjungi golang.org untuk mencobanya sekarang?