Pendahuluan

Di tahun 2019, kami meluncurkan go.dev, sebuah situs baru untuk para pengembang Go.

Sebagai bagian dari situs tersebut, kami juga meluncurkan pkg.go.dev, pusat sumber informasi dari modul dan paket Go. Seperti halnya godoc.org, pkg.go.dev melayani dokumentasi Go. Namun, pkg.go.dev dapat membaca modul dan memiliki informasi tentang versi-versi sebelumnya dari sebuah paket!

Di tahun ini, kami akan menambahkan beberapa fitur ke pkg.go.dev untuk membantu pengguna supaya lebih baik memahami dependensi mereka dan dalam membuat keputusan terhadap pustaka yang akan mereka impor.

Pengarahan godoc.org ke pkg.go.dev

Untuk meminimalkan kebingungan tentang situs mana yang digunakan, kami berencana memindahkan lalu lintas dari godoc.org ke halaman yang berkaitan di pkg.go.dev. Kami butuh bantuan Anda untuk memastikan bahwa pkg.go.dev memenuhi semua kebutuhan pengguna. Kami mendorong semua orang supaya mulai menggunakan pkg.go.dev hari ini untuk semua kebutuhan mereka dan memberikan masukan.

Masukan Anda akan membantu rencana transisi kami, dengan tujuan membuat pkg.go.dev sebagai sumber informasi dan dokumentasi utama untuk paket dan modul. Kami yakin ada banyak fitur yang ingin Anda lihat di pkg.go.dev, dan kami ingin mengetahui apa saja fitur-fitur tersebut dari Anda!

Anda dapat membagikan masukan dengan kami lewat kanal berikut:

Sebagai bagian dari transisi ini, kami juga sedang mendiskusikan rencana untuk mengakses pkg.go.dev lewat API. Kami akan melaporkan pembaruan lewat Go isu 33654.

Pertanyaan yang sering diajukan

Sejak peluncuran go.dev pada bulan November, kami telah menerima banyak masukan dari pengguna Go. Selanjutnya, kami akan menjawab beberapa pertanyaan yang sering kami terima di sini.

Paket saya tidak muncul di pkg.go.dev! Bagaimana cara menambahkan?

Kami memonitor indeks dari Go Modul setiap saat untuk mencari paket yang baru untuk ditambahkan ke pkg.go.dev. Jika Anda tidak menemukan sebuah paket dalam pkg.go.dev, Anda dapat menambahkannya dengan mengambil versi modul lewat proxy.golang.org. Lihat halaman go.dev/about untuk instruksi lebih lanjut.

Paket saya memiliki lisensi yang terbatas. Apakah itu salah?

Kami paham bahwa terkadang cukup menjengkelkan bila tidak bisa melihat paket yang Anda inginkan secara keseluruhan di pkg.go.dev. Kami menghargai kesabaran Anda selama kami memperbaiki algoritme deteksi lisensi kami.

Sejak peluncuran di bulan November, kami telah melakukan beberapa perbaikan berikut:

  • Pembaruan terhadap polis lisensi untuk mengikutkan daftar lisensi yang kami periksa dan kenali

  • Bekerja sama dengan tim licensecheck untuk meningkatkan deteksi hak cipta

  • Memantapkan proses peninjauan manual untuk kasus-kasus tertentu

Polis lisensi kami ada di pkg.go.dev/license-policy. Jika Anda menemukan masalah, silakan buka isu di halaman pelacak isu Go, atau kirim surel ke go-discovery-feedback@google.com supaya kami dapat bekerja langsung dengan Anda!

Apakah sumber kode pkg.go.dev akan dibuka?

Kami paham bahwa perusahaan dengan sumber kode pribadi ingin menjalankan server dokumentasi mereka sendiri yang mendukung modul. Kami ingin membantu mencapai kebutuhan tersebut, namun saat ini kami belum memahami sepenuhnya kebutuhan yang Anda inginkan.

Kami juga telah mendengar masukan dari para pengguna bahwa menjalankan server godoc.org ternyata lebih kompleks dari yang dibayangkan, karena ia dirancang untuk melayani publik dengan skala besar bukan hanya untuk internal perusahaan. Kami percaya bahwa server pkg.go.dev yang sekarang memiliki masalah yang sama.

Kami berpikir bahwa sebuah server yang baru merupakan jawaban yang lebih tepat untuk digunakan dengan sumber kode pribadi, bukan dengan kompleksitas menjalankan basis kode berskala internet seperti pkg.go.dev. Selain melayani dokumentasi, server yang baru juga dapat melayani informasi goimports dan gopls.

Jika Anda ingin menjalankan server seperti itu, silakan isi survei berikut untuk membantu kami memahami kebutuhan Anda. Survei ini akan dibuka sampai 1 Maret, 2020.

Kami sangat senang dengan masa depan dari pkg.go.dev di tahun 2020 ini, dan kami harap Anda pun begitu! Kami menunggu masukan dari Anda semua dan bekerja sama dengan komunitas Go dalam transisi ini.