Pada tanggal 24 Maret, Rob Pike mengumumkan goprotobuf, pustaka Go untuk format pertukaran data menggunakan Protocol Buffers dari Google, disebut protobuf secara singkat. Dengan pengumuman ini, Go bergabung dengan C++, Java, dan Python sebagai bahasa yang menyediakan implementasi protobuf. Hal ini menandai batu loncatan penting dalam membolehkan inter-operabilitas antara sistem yang ada dan yang dibangun dengan Go.

Proyek goprotobuf terdiri dari dua bagian: sebuah 'plugin pengompilasi protokol’ yang membangkitkan sumber kode Go, yang bila dikompilasi, dapat mengakses dan mengatur protocol buffer; dan sebuah paket Go yang mengimplementasikan dukungan untuk encoding, decoding, dan mengakses protocol buffer.

Untuk menggunakan goprotobuf, Anda perlu memasang Go dan protobuf. Kemudian Anda dapat memasang paket 'proto’ lewat goinstall:

goinstall goprotobuf.googlecode.com/hg/proto

Dan kemudian memasang plugin compiler untuk protobuf:

cd $GOROOT/src/pkg/goprotobuf.googlecode.com/hg/compiler
make install

Untuk lebih jelas lihat berkas README dari proyek tersebut.

Ini adalah salah satu dari daftar pustaka pihak-ketiga dari proyek-proyek Go yang terus berkembang. Sejak diluncurkannya goprotobuf, Go binding untuk X telah dipindahkan ke proyek x-go-binding, dan pekerjaan lain telah mulai mengimplementasikan Freetype, freetype-go. Proyek pihak-ketiga lainnya yang terkenal termasuk kerangka kerja web ringan web.go, dan Go binding untuk GTK gtk-go.

Kami mendorong pengembangan paket-paket berguna lainnya oleh komunitas sumber terbuka. Jika Anda sedang membuat sesuatu dengan Go, jangan simpan saja — beri tahu kami lewat mailing list golang-nuts.