Pendahuluan

Kode Go diorganisasi secara berbeda dengan bahasa pemrograman lainnya. Artikel ini mendiskusikan bagaimana cara menamakan dan membuat paket dari elemen-elemen program Go untuk melayani pengguna.

Pilih nama yang bagus

Nama yang kita pilih memengaruhi bagaimana cara kita berpikir tentang kode kita, jadi perhatikanlah penamaan paket dan pengidentifikasi yang diekspor.

Nama dari paket menyediakan konteks bagi isinya. Misalnya, paket bytes pada pustaka standar mengekspor tipe Buffer. Tanpa ada nama paket, nama Buffer itu sendiri tidak begitu deskriptif, namun saat digabungkan dengan nama paket maknanya menjadi jelas: bytes.Buffer. Jika sebuah paket memiliki nama yang kurang deskriptif, seperti util, maka buffer akan memperoleh nama yang lebih panjang dan canggung util.BytesBuffer.

Jangan segan untuk mengganti nama saat bekerja. Saat kita menghabiskan waktu dengan membuat program, kita akan memahami bagaimana bagian-bagian tersebut saling terhubung dan, oleh karena itu, bagaimana nama mereka seharusnya. Tidak perlu membatasi diri kita sendiri pada saat awal-awal. ( Perintah gofmt memiliki opsi -r yang menyediakan pencarian dan penggantian secara sintaksis, membuat perubahan dalam skala besar menjadi mudah.)

Nama yang bagus adalah bagian paling penting dari sebuah antarmuka perangkat lunak: nama adalah hal pertama yang dilihat oleh setiap klien dari kode kita. Nama yang dipilih dengan bagus merupakan titik awal untuk dokumentasi yang bagus. Banyak praktis berikut dihasilkan secara alami dari penamaan yang bagus.

Pilih path impor yang bagus (buat paket supaya bisa di "go get")

Sebuah path impor yaitu string untuk user mengimpor sebuah paket. Ia menentukan direktori (relatif terhadap $GOROOT/src/pkg atau $GOPATH/src) tempat sumber kode paket disimpan.

Path dari impor secara global harus unik, jadi gunakan path dari sumber repositori sebagai dasarnya. Misalnya, paket websocket dari sub-repositori go.net memiliki path impor "golang.org/x/net/websocket". Proyek Go menguasai path "github.com/golang", sehingga path tersebut tidak bisa digunakan oleh pengembang lain untuk paket yang berbeda. Secara URL repositori dan path impor adalah satu dan sama, maka perintah go get dapat mengambil dan memasang paket secara otomatis.

Jika kita tidak menggunakan repositori sumber yang disimpan diinternet, pilihlah prefiks yang unik seperti nama domain, perusahaan, atau proyek. Sebagai contohnya, path impor dari semua kode Go internal di Google dimulai dengan string "google".

Elemen terakhir dari path impor biasanya sama dengan nama paket. Misalnya, path impor "net/http" berisi paket http. Hal ini bukanlah keharusan - kita bisa membuatnya berbeda jika ingin - namun sebaiknya kita harus mengikuti konvensi demi kemudahan diprediksi: pengguna akan terkejut bila impor "foo/bar" ternyata memiliki nama paket quux.

Terkadang orang menset GOPATH ke akar dari repositori sumber dan menaruh paket-paket mereka dalam direktori relatif terhadap repositori akar, seperti "src/my/package". Di satu sisi, hal ini membuat path impor singkat ("my/package" bukan "github.com/me/project/my/package"), namun bagi orang lain hal ini akan merusak go get dan memaksa pengguna untuk menset ulang GOPATH mereka supaya dapat menggunakan paket tersebut. Jangan lakukan hal seperti ini.

Kurangi mengekspor interface

Kode kita kemungkinan terdiri dari bagian-bagian kecil kode yang berguna, dan sangat menggoda untuk mengekspos hampir semua fungsionalitas dalam interface paket yang diekspor. Tahan godaan tersebut!

Semakin besar interface yang kita sediakan, semakin banyak yang harus kita dukung. Pengguna akan semakin bergantung pada setiap tipe, fungsi, variabel, dan konstanta yang kita ekspor, membuat kontrak implisit yang harus dipatuhi demi keberlangsungan atau risiko mengganggu pengguna program kita. Dalam menyiapkan Go 1 kami secara berhati-hati mengkaji interface yang diekspor pada pustaka standar dan menghapus bagian yang kita tidak siap untuk didukung. Kita juga harus memperhatikan hal yang sama saat mendistribusikan pustaka-pustaka kita sendiri.

Jika ragu, tinggalkan seperti sedianya!

Apa yang ditaruh dalam sebuah paket

Sangat mudah menaruh semua hal dalam paket "util", namun hal ini mengaburkan makna dari nama paket (karena ia harus menampung banyak fungsionalitas) dan memaksa pengguna yang memakai sebagian kecil dari paket untuk mengompilasi dan link banyak kode yang tidak berhubungan.

Di sisi lain, juga sangat mudah memecah kode menjadi paket-paket kecil, sehingga kita menghabiskan waktu dalam merancang interface, bukannya menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.

Lihatlah pustaka standar Go sebagai panduan. Beberapa dari paketnya sangat besar dan beberapa sangat kecil. Misalnya, paket http terdiri dari 17 berkas Go (tidak termasuk tes) dan mengekspor 109 pengidentifikasi, dan paket hash terdiri dari satu berkas yang mengekspor hanya tiga deklarasi. Tidak ada aturan yang cepat dan baku, kedua pendekatan tersebut sesuai dengan konteksnya.

Maka dari itu, paket main terkadang lebih besar dari paket-paket lainnya. Perintah-perintah yang kompleks mengandung banyak kode yang sedikit gunanya di luar konteks dari executable, dan terkadang lebih simpel menyimpan semuanya di satu tempat. Misalnya, perkakas go lebih dari 12000 baris yang tersebar dalam 34 berkas.

Dokumentasikan kode kita

Dokumentasi yang bagus adalah kualitas yang penting untuk kode yang berguna dan mudah dipelihara. Bacalah artikel Godoc: mendokumentasikan kode Go untuk belajar bagaimana menulis dokumentasi kode yang bagus.