Untuk cara pemasangan lainnya, Anda mungkin tertarik:

  • Memasang Go dari sumber - Bagaimana cara mengambil sumber kode, membangunnya pada mesin Anda, dan menjalankannya.

Unduh distribusi Go

Distribusi biner resmi tersedia untuk sistem operasi FreeBSD (rilis 10-STABLE dan di atasnya), Linux, macOS (10.10 dan di atasnya), dan Windows dengan prosesor arsitektur 32-bit (386) atau 64-bit (amd64) x86.

Jika distribusi biner tidak tersedia untuk kombinasi sistem operasi dan arsitektur Anda, coba pasang dari sumber atau pasang gccgo sebagai ganti gc.

Kebutuhan sistem

Distribusi binari dari Go tersedia untuk sistem operasi (SO) dan arsitektur berikut. Pastikan sistem Anda memenuhi kebutuhan ini sebelum melanjutkan. Jika SO atau arsitektur tidak terdaftar, Anda mungkin bisa memasang dari sumbernya langsung atau menggunakan gccgo.

Sistem operasi Arsitektur Catatan

FreeBSD 10.3 atau terbaru

amd64, 386

Tidak mendukung Debian GNU/kFreeBSD

Linux 2.6.23 atau terbaru dengan glibc

amd64, 386, arm, arm64, s390x, ppc64le

Tidak mendukung CentOS/RHEL 5.x. Harus memasang dari sumber bila menggunakan libc yang lain.

macOS 10.10 atau terbaru

amd64

Gunakan clang atau gcc† dari Xcode‡ untuk dukungan cgo

Windows 7, Server 2008R2 atau terbaru

amd64, 386

Gunakan MinGW (386) atau MinGW-W64 (amd64) gcc†. Tidak perlu cygwin atau msys.

† Membutuhkan compiler C jika Anda berencana menggunakan cgo.

‡ Anda hanya perlu memasang peralatan command line untuk Xcode. Jika Anda telah memiliki Xcode 4.3+, Anda bisa memasangnya dari panel preferensi Downloads pada tab Components.

Memasang Go

Jika Anda ingin meningkatkan dari versi lama Anda harus menghapus versi yang terpasang.

Pada Linux, macOS, dan FreeBSD dengan tarball

Unduh arsip tersebut dan ekstrak ke direktori /usr/local, sehingga membuat /usr/local/go. Sebagai contohnya:

tar -C /usr/local -xzf go$VERSION.$OS-$ARCH.tar.gz

Pilih file arsip yang sesuai untuk instalasi Anda. Misalnya, jika Anda menginstal Go versi 1.2.1 untuk 64-bit x86 di Linux, arsip yang Anda inginkan disebut go1.2.1.linux-amd64.tar.gz.

(Biasanya, perintah tersebut harus dijalankan sebagai root atau dengan sudo.)

Tambahkan /usr/local/go/bin ke variabel lingkungan PATH. Anda bisa melakukan dengan menambahkan baris berikut pada /etc/profile (untuk pemasangan secara global) atau $HOME/.profile:

export PATH=$PATH:/usr/local/go/bin

Catatan: perubahan pada berkas profile tidak akan berlaku sampai Anda login kembali ke komputer. Untuk menerapkan perubahan secara langsung, cukup jalankan perintah tersebut langsung dari command prompt atau eksekusi berkas profile dengan cara source $HOME/.profile.

Instalasi paket macOS

Unduh berkas paket, buka, dan ikuti perintah untuk memasang perkakas Go. Paket tersebut akan memasang distribusi Go ke /usr/local/go.

Paket tersebut seharusnya menyimpan direktori /usr/local/go/bin ke variabel lingkungan PATH Anda. Anda perlu membuka sesi Terminal yang baru supaya perubahan langsung diterapkan.

Windows

Go menyediakan dua opsi instalasi untuk pengguna Windows (selain menginstal dari sumber): arsip zip yang mengharuskan Anda untuk mengatur beberapa variabel lingkungan dan pemasangan MSI yang mengkonfigurasi instalasi Anda secara otomatis.

Pemasangan MSI

Buka berkas MSI dan ikuti perintah untuk memasang perkakas Go. Secara standar, paket tersebut memasang distribusi Go di `c:Go`.

Paket seharusnya menyimpan direktori c:Go\bin dalam variabel lingkungan PATH Anda secara otomatis. Anda perlu membuka ulang command prompt supaya perubahan langsung diterapkan.

Arsip zip

Unduh berkas zip dan ekstrak ke direktori yang Anda pilih (kami menyarankan `c:Go`).

Tambahkan sub-direktori bin dari Go (misalnya, c:Go\bin) ke dalam variabel lingkungan PATH Anda.

Pengaturan variabel lingkungan pada Windows

Dalam Windows, Anda bisa mengatur variabel lingkungan lewat tombol "Environment Variables" pada tab "Advanced" dari panel kontrol "System". Beberapa versi Windows menyediakan panel kontrol ini lewat opsi "Advanced System Settings" di dalam panel kontrol "System".

Menguji pemasangan

Periksa bahwa Go terpasang dengan benar dengan cara membangun program sederhana, seperti berikut.

Buat file bernama hello.go yang berisi:

package main

import "fmt"

func main() {
        fmt.Printf("hello, world\n")
}

Kemudian bangun program dari kode tersebut dengan perkakas go:

$ go build hello.go

Perintah di atas akan membuat sebuah program bernama hello di dalam direktori yang sama dengan kode. Eksekusi program tersebut untuk melihat keluarannya,

$ ./hello
hello, world

Jika Anda melihat pesan "hello, world" maka instalasi Go Anda berjalan dengan benar.

Sebelum bergegas menulis kode Go, mohon baca dokumen tentang Cara Menulis Kode Go, yang menjelaskan beberapa konsep utama tentang menggunakan perkakas Go.

Memasang versi Go tambahan

Terkadang ada gunanya memiliki beberapa versi Go terpasang di mesin yang sama, sebagai contohnya, untuk memastikan sebuah paket lulus dari pengujian beberapa versi Go. Setelah Anda memasang satu versi Go, Anda dapat memasang versi yang lain (seperti versi 1.10.7) dengan cara:

$ go get golang.org/dl/go1.10.7
$ go1.10.7 download

Versi terunduh yang baru dapat digunakan seperti berikut:

$ go1.10.7 version
go version go1.10.7 linux/amd64

Semua versi Go yang dapat dipasang terdaftar di halaman unduhan. Anda bisa menemukan lokasi dari versi yang terpasang dengan melihat variabel lingkungan GOROOT; sebagai contohnya, go1.10.7 env GOROOT. Untuk menghapus versi yang terpasang, cukup hapus direktori GOROOT dan biner goX.Y.Z.

Menghapus pemasangan Go

Untuk menghapus Go dari sistem Anda, hapus direktori go. Pada Linux, macOS, dan FreeBSD, direktori tersebut ada di /usr/local/go, pada Windows ada di `c:Go`.

Anda sebaiknya juga menghapus direktori Go bin dari variabel lingkungan PATH Anda. Pada Linux dan FreeBSD, Anda harus menyunting /etc/profile atau $HOME/.profile. Jika Anda memasang Go lewat packet macOS, maka Anda harus menghapus berkas /etc/paths.d/go. Pengguna sistem Windows sebaiknya membaca bagian tentang pengaturan variabel lingkungan dalam Windows.

Bantuan

Untuk bantuan, silakan tanyakan lewat milis Go Indonesia.

Laporkan bug di golang-id isu.