Pendahuluan

Tulisan ini adalah bagian ke 4 dari sebuah seri.

Saat sebuah proyek semakin matang dan kebutuhan-kebutuhan yang baru terus ditambahkan, rancangan dan fitur sebelumnya mungkin bisa jadi tidak masuk akal lagi. Pengembang bisa jadi mengintegrasikan pelajaran yang mereka dapatkan dengan menghapus fungsi-fungsi yang tidak digunakan lagi, mengubah nama tipe, atau memecah paket-paket yang kompleks menjadi bagian-bagian yang lebih muda dikelola. Perubahan besar seperti ini membutuhkan usaha bagi pengguna untuk melakukan migrasi kode mereka ke API yang baru, sehingga hal tersebut seharusnya tidak dilakukan tanpa pertimbangan yang hati-hati supaya keuntungan yang didapatkan (dari menggunakan paket yang baru) tidak lebih berharga dari biaya (migrasi).

Untuk proyek-proyek yang masih eksperimental — masih pada versi mayor v0 — perubahan besar masih bisa dianggap wajar oleh pengguna. Untuk proyek yang telah dideklarasikan stabil — pada versi mayor v1 atau lebih tinggi — perubahan besar harus dilakukan pada versi mayor yang baru. Artikel ini mengeksplorasi semantik dari versi mayor, bagaimana membuat dan menerbitkan versi mayor yang baru, dan bagaimana menjaga versi-versi mayor yang berbeda pada sebuah modul.

Versi mayor dan path modul

Modul adalah prinsip yang penting dalam Go, aturan kompatibilitas impor:

Jika sebuah paket yang lama dan sebuah paket yang baru memiliki path impor
yang sama, maka paket yang baru haruslah kompatibel dengan paket yang lama.

Secara definisi, versi mayor yang baru dari sebuah paket tidak lah kompatibel dengan versi sebelumnya. Hal ini berarti versi mayor yang baru dari modul haruslah memiliki path modul yang berbeda dari versi yang sebelumnya. Dimulai dari v2, versi mayor harus muncul pada akhir dari path modul (dideklarasikan dalam perintah "module" dalam berkas "go.mod"). Misalnya, saat penulis modul "github.com/googleapis/gax-go" mengembangkan v2, mereka menggunakan path modul baru "github.com/googleapis/gax-go/v2". Pengguna yang mau menggunakan v2 harus mengubah paket impor mereka dan dependensi modul ke "github.com/googleapis/gax-go/v2".

Kebutuhan dari adanya sufiks versi mayor adalah salah satu cara dari Go modul yang berbeda dengan kebanyakan sistem manajemen dependensi. Sufiks dibutuhkan untuk menghadapi permasalahan dependensi diamond. Sebelum adanya Go modul, gopkg.in membolehkan penulis paket untuk mengikuti apa yang sekarang kita sebut sebagai aturan kompatibilitas impor. Dalam gopkg.in, jika Anda bergantung pada sebuah paket yang mengimpor "gopkg.in/yaml.v1" dan paket lain mengimpor "gopkg.in/yaml.v2", maka tidak akan ada konflik karena kedua paket "yaml" tersebut memiliki path impor yang berbeda — mereka menggunakan versi sufiks, seperti pada Go modul. Secara gopkg.in menggunakan metodologi versi sufiks yang sama dengan Go modul, maka perintah Go menerima ".v2" dalam "gopkg.in/yaml.v2" sebagai sufiks dari versi mayor. Hal ini adalah kasus khusus dari kompatibilitas dengan gopkg.in: modul-modul yang disimpan pada domain yang lain butuh sufiks dengan slash seperti "/v2".

Strategi untuk versi mayor

Strategi yang dianjurkan untuk mengembangkan modul v2 ke atas (v2+) yaitu dengan membuat sumber kode baru dalam sebuah direktori yang namanya sama dengan sufiks dari versi mayor.

github.com/googleapis/gax-go @ master branch
/go.mod    → module github.com/googleapis/gax-go
/v2/go.mod → module github.com/googleapis/gax-go/v2

Pendekatan ini kompatibel dengan perkakas yang tidak kenal dengan Go modul: path-path berkas dalam repositori sesuai dengan path yang diharapkan oleh "go get" dengan mode GOPATH. Strategi ini juga membolehkan semua versi mayor dikembangkan secara bersamaan di dalam direktori yang berbeda.

Strategi lain yaitu menyimpan versi mayor di dalam cabang (branch) yang terpisah. Namun, jika sumber kode v2+ berada dalam cabang bawaan repositori (biasanya "master"), perkakas yang tidak paham dengan konsep versi — termasuk perintah "go" yang menggunakan mode GOPATH — bisa jadi tidak bisa membedakan antara versi-versi mayor.

Contoh-contoh pada artikel ini akan menggunakan strategi versi mayor menggunakan sub direktori, secara ia menyediakan kompatibilitas yang paling baik. Kami menyarankan para penulis modul mengikuti strategi ini selama mereka memiliki pengguna yang masih menggunakan mode GOPATH.

Menerbitkan v2 dan seterusnya

Artikel ini menggunakan "github.com/googleapis/gax-go" sebagai contoh:

$ pwd
/tmp/gax-go
$ ls
CODE_OF_CONDUCT.md  call_option.go  internal
CONTRIBUTING.md     gax.go          invoke.go
LICENSE             go.mod          tools.go
README.md           go.sum          RELEASING.md
header.go
$ cat go.mod
module github.com/googleapis/gax-go

go 1.9

require (
    github.com/golang/protobuf v1.3.1
    golang.org/x/exp v0.0.0-20190221220918-438050ddec5e
    golang.org/x/lint v0.0.0-20181026193005-c67002cb31c3
    golang.org/x/tools v0.0.0-20190114222345-bf090417da8b
    google.golang.org/grpc v1.19.0
    honnef.co/go/tools v0.0.0-20190102054323-c2f93a96b099
)
$

Untuk memulai pengembangan v2 dari "github.com/googleapis/gax-go", kita akan membuat direktori baru "v2/" dan menyalin paket kita ke dalamnya.

$ mkdir v2
$ cp *.go v2/
building file list ... done
call_option.go
gax.go
header.go
invoke.go
tools.go

sent 10588 bytes  received 130 bytes  21436.00 bytes/sec
total size is 10208  speedup is 0.95
$

Sekarang, mari kita buat berkas "go.mod" untuk v2 dengan menyalin berkas "go.mod" yang sudah ada dan menambahkan sufiks "v2" ke path modul:

$ cp go.mod v2/go.mod
$ go mod edit -module github.com/googleapis/gax-go/v2 v2/go.mod
$

Ingatlah bahwa versi v2 diperlakukan sebagai modul terpisah dari versi v0 atau v1: keduanya bisa saja dibangun secara bersamaan. Jadi, jika modul v2+ Anda memiliki beberapa paket, Anda harus mengubahnya menggunakan path impor yang baru "/v2": kalau tidak, modul v2+ Anda akan tetap bergantung pada modul v0 atau v1. Misalnya, untuk mengubah semua "github.com/my/project" supaya mengacu ke "github.com/my/project/v2", Anda bisa menggunakan find dan sed:

$ find . -type f \
    -name '*.go' \
    -exec sed -i -e 's,github.com/my/project,github.com/my/project/v2,g' {} \;
$

Sekarang kita telah punya modul v2, tetapi kita ingin bereksperimen dan membuat perubahan sebelum menerbitkan rilis. Sampai kita merilis v2.0.0 (atau versi apa pun tanpa sufiks pra-rilis), kita dapat mengembangkan dan membuat perubahan yang kita inginkan pada API yang baru. Jika kita ingin para pengguna untuk mencoba API yang baru sebelum kita secara resmi merilis API baru yang stabil, kita dapat menerbitkan versi pra-rilis untuk v2:

$ git tag v2.0.0-alpha1
$ git push origin v2.0.0-alpha1
$

Saat kita telah puas dengan API v2 yang baru dan yakin kita tidak akan membuat perubahan lagi, kita dapat memberikan tag v2.0.0:

$ git tag v2.0.0
$ git push origin v2.0.0
$

Pada saat ini, ada dua versi mayor yang harus dirawat. Perubahan yang kompatibel dan perbaikan bug akan menyebabkan rilis dengan versi MINOR dan PATCH yang baru (misalnya, v1.1.0, v2.0.1, dan seterusnya).

Kesimpulan

Perubahan pada versi mayor menyebabkan biaya pengembangan dan perawatan tambahan dan membutuhkan investasi juga bagi pengguna untuk bermigrasi. Semakin besar suatu proyek, semakin besar biaya tersebut. Sebuah versi mayor seharusnya terjadi setelah mengidentifikasi alasan yang sangat jelas. Setelah alasan yang jelas tersebut teridentifikasi untuk perubahan yang dapat merusak, kami menyarankan mengembangkan beberapa versi mayor pada cabang "master" karena ia lebih kompatibel untuk perkakas yang ada sekarang.

Perubahan besar pada modul v1+ seharusnya terjadi dalam modul yang baru vN+1. Saat sebuah modul baru dirilis, itu artinya tambahan pekerjaan bagi pengembang dan bagi pengguna yang perlu melakukan migrasi ke paket yang baru. Pengembang sebaiknya memvalidasi API mereka sebelum membuat rilis stabil, dan mempertimbangkan secara hati-hati apakah perubahan besar benar-benar diperlukan di atas v1.